Prak. Alpro Modul 1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pengenalan kepada praktikan tentang Struktur Bahasa C seperti : Tipe Data, Variabel dan Konstanta. Sekaligus, juga melakukan implementasi sederhana tentang pendeklarasian tipe data dasar dalam bahasa C.
1.2 Tujuan
Tujuan mahasiswa mengikuti praktikum Algortima Pemrograman Modul 1 ini adalah :
1. Praktikan dapat mengenali struktur bahasa C.
2. Praktikan dapat mengetahui dan memahami pendeklarasian tipe data dasar dalam bahasa C.
3. Praktikan dapat mengetahui secara langsung tipe masukan dan keluaran dalam bahasa C.
4. Praktikan dapat mengetahui karakter escape dan kode penentu format yang sering dipakai dalam bahasa C.
BAB II
DASAR TEORI
2.1 Teori Singkat
Program C pada hakekatnya tersusun atas sejumlah blok fungsi. Sebuah program minimal mengandung sebuah fungsi. Fungsi pertama yang harus ada dalam program C dan sudah ditentukan namanya adalah main(). Setiap fungsi terdiri atas satu atau beberapa pernyataan, yang secara keseluruhan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas khusus.
Bagian pernyataan fungsi (sering disebut tubuh fungsi) diawali dengan tanda kurung kurawal buka ({) dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal tutup (}). Di antara kurung kurawal itu dapat dituliskan statemen-statemen program C. Namun pada kenyataannya, suatu fungsi bisa saja tidak mengandung pernyataan sama sekali. Walaupun fungsi tidak memiliki pernyataan, kurung kurawal haruslah tetap ada. Sebab kurung kurawal mengisyaratkan awal dan akhir definisi fungsi. Berikut ini adalah struktur dari program C.
Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagiannya (subroutine). Fungsi-fungsi yang ada selain fungsi utama (main()) merupakan program-program bagian. Fungsi-fungsi ini dapat ditulis setelah fungsi utama atau diletakkan di file pustaka (library). Jika fungsi-fungsi diletakkan di file pustaka dan akan dipakai di suatu program, maka nama file judulnya (header file) harus dilibatkan dalam program yang menggunakannya dengan preprocessor directive berupa #include.
BAB III
TUGAS PENDAHULUAN
3.1. Pertanyaan
1. Buatlah contoh deklarasi masing-masing tipe dasar dalam Bahasa C!
2. Buatlah sebuah algoritma dengan spesifikasi sebagai berikut :
a. Menampilkan tulisan "Hallo Praktikan, nama anda ?".
b. Meminta user memasukkan namanya.
c. Menampilkan pesan "Selamat Datang , di Praktikum Algoritma".
3. Buat Program dari prepraktikum no.2.
4. Buatlah sebuah Algoritma untuk menghitung luas sebuah lingkaran, gunakan deklarasi konstanta untuk menyimpan nilai Phi.
3.2. Penyelesaian
1. int main(){
int x;
float y;
char z;
double w;
}
2. Algoritma Hallo Praktikan
a. Tampilkan “Hallo praktikan, nama anda ?”
b. Masukkan nama (nama)
c. Tampilkan “Selamat Datang , di Praktikum Algoritma ”
3. #include
int main(){
char namaanda[25];
printf("Hallo Praktikan, nama anda?\n");scanf("%s", namaanda);
printf("Selamat datang %s, di Praktikum Algoritma\n", namaanda);
}
4. Algoritma Menghitung_Luas_Lingkaran
a. Phi = 3.14
b. Masukkan Jari-jari (r)
c. Hitung Luas jari-jari L = phi * r * r
d. Tampilkan Luas lingkaran
BAB IV
IMPLEMENTASI
4.1. Kegiatan Praktikum
1. Buatlah sebuah program sederhana yang berisi deklarasi masing-masing tipe dasar sesuai tugas prepraktikum no.1, kemudian pada bagian deskripsi buatlah contoh instruksi masukan untuk mengisi data dan intruksi keluaran untuk menampilkan data dari masing-masing tipe dasar tersebut!
2. Buat program untuk tugas prepratikum no.4!
3. Tugas tambahan (ditentukan oleh asisten praktikum)!
Buat Program Bebas, tapi di dalam program tersebut harus include minimal 2 karakter eckape dan 2 kode penentu format!!!
Nb: - Tiap individu tidak boleh sama karakter escape nya
- Silahkan pilih salah satu kode penentu format di bawah ini : %o, %x, %u
-Silahkan pilih karakter escape:\a, \b, \f, \r, \0, \’, \’’
4.2. Implementasi Kegiatan Praktikum
1. #include
int main(){
int x;
printf("input your integer : "); scanf("%d", &x);
float y;
printf("input your float : "); scanf("%f", &y);
double w;
printf("input your double : "); scanf("%lf", &w);
printf("integer : %d\n", x);
printf("float : %.2f\n", y);
printf("double : %lf\n", w);
}
2. #include
int main(){
int r;
printf("masukkan jari-jari : "); scanf("%d", &r);
double luas;
luas = 3.14 * r * r;
printf("luas lingkaran : %.2f\n", luas);
}
3. #include
main(){
int a,c,b;
printf("PROGRAM UNTUK MENGKONVERSI BILANGAN DESIMAL \n");printf(" \n");
printf("BILANGAN DESIMAL = "); scanf("%d",&a);
printf("Hasil Konversi : \r");
printf(" Dalam bentuk Oktal : %o\f",a);
printf(" Dalam bentuk Hexadesimal : %x\n", a);
}
4.3. Tugas Akhir
1. Buatlah algoritma dan terjemahkan dalam Bahasa C untuk menghitung keliling lingkaran:
Masukan:
Masukkan nilai jari-jari : __
Keluaran
Keliling lingkaran adalah : __
4.4. Penyelesaian Tugas Akhir
1. #include
int main(){
int r;
printf("masukkan jari-jari : "); scanf("%d", &r);
int jumlah;
double kell;
jumlah = r * r;
kell = 3.14 * jumlah;
printf("luas lingkaran : %.2f\n", kell);
}
BAB V
PENUTUP
5.1. Analisa
Dari sekian program di atas, ada banyak macam macam deklarasi, seperti int, char, double dll.
5.2. Kesimpulan
0 komentar:
Posting Komentar