Perbedaan antara EDI dan ERP

Dalam pengertiannya, EDI (Electronic Data Interchange) atau pertukaran data elektronik merupakan  proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik. Sedangkan ERP (Enterprise Resource Planning) atau perencanaan sumber daya perusahaan merupakan sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Berdasarkan kelebihannya, EDI menawarkan penghematan waktu, penghematan biaya, minimalisasi kesalahan, respon yang cepat, peluang bisnis yang lebih luas. Sedangkan ERP lebih memberikan Integrasi antara area fungsional yang berbeda, Rancangan perekayasaan, Pelacakan pemesanan dari penerimaan sampai fulfillment, Mengatur saling ketergantungan dari proses penagihan material yang kompleks, Pelacakan 3 cara yang bersesuaian antara pemesanan, pembelian, penerimaan inventori dan pembiayaan serta akutansi untuk keseluruhan tugas seperti melacak pemasukan, biaya dan keuntungan pada level inti.

Berdasarkan kekurangannya, EDI masih terkendala masalah teknis seperti transfer data lewat komputer, fasilitas telepon dan biaya untuk pengadaan perangkat komputer. Selain itu, terbatasnya pihak Bank yang memakai program EDI serta belum ada aturan hukum di Indoensia yang mengatur mengenai pemakaian sistem EDI menjadi beberapa kelemahan sistem EDI di Indonesia. Sedangkan ERP, terkendala dengan terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak ERP, sistem ERP sangat mahal, perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif, ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi, sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan. Selain itu, banyak data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat contohnya pelanggan, dan data keuangan. Hal ini dapat meningkatkan pembagian database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise, menghilangkan informasi yang real-time, dan memungkinkan perpaduan proses transaksi serta kegiatan perencanaan.

Perusahaan yang menggunakan EDI
  1. PT EDI Indonesia
  2. Bea cukai (digunakan di beberapa pelabuhan di indonesia)
Perusahaan yang menggunakan ERP
  1. PLN
  2. JAMSOSTEK



Sumber:
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Pertukaran_data_elektronik
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_sumber_daya_perusahaan
  3. http://neezasty.wordpress.com/2011/09/17/enterprise-resource-planning-erp/#more-518

0 komentar:

Posting Komentar